Resep Daging Domba Simple

Resep Daging Domba Simple

Kebiasaan memasak dari kecil yang di tanamkan oleh bunda terus terbawa sampai usia saya sekarang walaupun sebetulnya beli makan jadi banyak yang enak-enak dan segar tapi rasanya kurang ngena jika dalam dua hari tidak masak. Meskipun saya senang masak any how saya berusaha mencari bumbu yang simple.

assorted vegetable lot
winter vegetables

Ada beberapa supermarket yang menyediakan sayuran dan produk-bio/organik dan ketika kita melewati tokonya membuat rasanya ingin mengintip dan membandingkan sayuran di toko sebelah. Terkadang saya juga ikut memantau harga-harga yang di tawarkan dan saya coba memahami arti sebuah produk organik (tampa bahan kimia/pupuk buatan) yang mana umumnya petani bio yang bersangkutan harus bekerja lebih keras dari biasanya petani dan membutuhkan biaya lebih.

Saya juga salut akan kepedulian petani organik dengan alam dan konsum yang membutuhkan produknya oleh karena hal itu kita juga menjadi ikut respek dan menghargai hasil upaya mereka yang keras dan ikut mendukung perkembangannya, yaitu dengan menikmati dan membeli hasil produk disaat panen selain rasa lebih sehat dan juga enak.

Kali ini saya melihat jejeran rak sayuran hijau yang menggugat selera di mana sayuran ini agak mirip seperti sawi hijau namun memiliki dua variasi warna ada yang hijau dan ada yang merah keduanya menurut saya mempunyai citra rasa mirip chai-sim atau pak-choi sedangkan jika di lihat dari sisi kesehatan ada yang beranggapan kalau jenis sayuran hijau ini (mangold) setara dengan sayuran bayam.

Untuk masak simple saya pilih sayuran hijau ini dan memadukan dengan daging domba fillet.


Bahan dan bumbu:

200g daging domba fillet
200g mangold / pak-choi
2pc bawang putih besar
1 s/m oyster sauce
sedikit lada hitam
sedikit garam
1 s/m minyak sayur / olive

Siapakan:

Potong daging fillet tipis-tipis, tiriskan. Bawang putih iris kasar. Sayuran hijau di potong-potong dan pangkal dan ujung daun di pisahkan.

Cara:

Panaskan wajan anti lengket tuangi minyak, setelah panas masukan bawang putih kemudian saat tercium aroma bawang masukan irisan daging diamkan sebentar tigapuluh sekond, aduk aduk merata dan masak kembali tiga-empat menit pastikan dengan api sedang (panas) agar tidak terjadi penguapan air terlalu banyak dari juice daging, masukan lada hitam dan garam kemudian di aduk aduk merata.

Setelah merasa daging sudah empuk masukan bagian batang sayuran masak selama dua menit setelah oke masukan sisa sayuran, sauce oyster lalu diaduk sebentar dan kecilkan api. Biarkan masak selama tiga menit dengan wajan tertutup setelah itu matikan kompor dan siap dinikmati dengan nasi merah.

Tips.
– Semua bahan di cuci bersih sebelum dikelolah.
– Oyster sauce skips dengan kecap asin dan di tambah gula sedikit.
– Garnish jagung manis dan bawang goreng atau (irisan cabe besar).
– Daging domba skips sapi atau tofu.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s