Edelweiss Bunga Ratu Gunung

Edelweiss Bunga Ratu Gunung

Waktu jaman masih ikut-ikutan anggota PMR dan Pramuka teman teman cowok yang suka naik gunung itu pasti sudah banyak di pesanin oleh oleh..

“jangan lupa bawa in edekweis ya!”, terus ada lagi yang nyeletuk

“gw mau juga dong, bawa in sama akar klo bisa!”, mereka belum jawab sudah ada yang nekad kasih ancaman pula.

“Awas lo! Ga bawa gw jitak!” Waduhhhh.. lucu dan naifnya kami bocah bocah jaman doelo.

Selang beberapa tahun kemudian apakah atas ulah kami bocah-bocah yang nakal dan polos [kurang pengetahuan] tentang hal penjagaan alam semesta.. di kabarkan bahwa sudah lama perkembangan bunga edelweiss hampir punah. Mungkin kah penyebab nya atas ulah tangan tangan jahil yang kurang tahu hingga mudah memetik dan membondol habis si bunga ratu gunung ini?

Bunga langka ini tetap menjadi primadona
di taman alpin Schynige Platte – Interlaken

Siapa kira kalau pertumbuhan edelweiss itu tidak semudah yang saya sangka dan tumbuh bunga ini juga tidak di sembarang tempat dan butuh iklim ketinggian minimum 2000 – 3000 M diatas laut. Saya beranggapan edelweiss asal dari alpin Swiss setelah cari tahu sana sini.. rupanya edelweiss banyak tumbuh di negara Asia, mis; ada di pergunungan Tibet, Himalaya, China dan Jepang.

Silakan baca juga. Kabar Gembira Untuk Traveler Ke Switzerland, Two Colors Of Basel, Flower In Lake – Morges, Suisse, kisah roti buaya imut

Sejumput edelweiss belum lama ditanam
diatas ketinggian 2000 M diatas laut.

Tapi mungkin tidak banyak yang tahu jika ratu bunga gunung edelweiss tumbuh subur di pergunungan Indonesia! Saya sendiri juga kurang paham apakah dari dulu di pergunungan Indonesia edelweiss sudah tumbuh mengingat suhu gunung diatas mungkin tidak sedingin persis pergunungan di Tibet, Himalaya, China dan Jepang, begitu pula dengan physik tanah gunung Indonesia apakah ada kemiripan dengan gunung negara diatas. Adakah kemungkinan tentara Jepang atau China yang menyebar benihnya di pergunungan Indonesia hingga pada akhirnya bunga ratu gunung tersebut dapat beradaptasi dengan iklim diatas dan berkembang biak?

Sangat lah di sayangkan jika bunga ini hilang karena pertumbuhan edelweiss yang sangat lambat dan peka di [alpin Swiss] pun dapat di hitung dengan jari pertumbuhan bunganya.

So kaum muda mudi, “ayo kita jaga warisan alam yang langka ini, jangan di petik dan biarkan edelweiss tumbuh gembira diatas gunung!” Karena di situlah memang tempatnya.

Info & Tips.

Kutipan yang saya ambil dari best Swiss.ch dijelaskan rumpun bunga edelweiss saat ini di dunia ada empatpuluh jenis.

Tinggalkan Balasan