architecture building commerce escalator

Shopping Tax Free – Fox Town Mendrisio

Shopping Tax Free – Fox Town – Mendrisio

Photo by Pexels.com

Pagi buta kali ini saya menunggu jadwal kereta yang akan membawa saya ke main station kota Zürich, saya berangkat hari rabu karena atas kesepakatan bersama dengan harapan dapat menghindari kerumunan orang banyak di Fox Town. Sampai di main station saya mencari gerbong kereta tujuan Mendrisio dan menjumpai teman teman yang sudah mendapat tempat duduk sambil mengucap hello mereka saya pun mengisi bagian kosong. Kereta melaju tujuh menit kemudian suasana tenang dan senyap kami pun wajib pakai masker dan berusaha mengikuti peraturan jaga jarak 1 meter.

Perjalanan dari main station Zürich ke Mendrisio butuh waktu antara 3.5 – 4jam karena tidak ada kereta direk menuju Mendrisio maka kita harus turun di station Lugano dan disana nunggu 15 menit lalu ganti kereta rute Mendrisio. Mendengar celoteh teman yang ngalur ngidul dan tawa cekikikan kami waktu tiga jam pun hilang tak terasa di telan oleh canda konyol kami dan ketika kereta tiba di station Lugano tepat waktu, saya memberi komando kepada mereka agar naik eskalator untuk mempercepat tiba di glais (line) tempat kereta berhenti. Kereta yang di jadwalkan pukul 11: 06 ke Mendrisio tiba lebih awal serentak penumpang berdesak memasuki gerbong dan memilih tempat view terbaik.

Bisa dibayangkan jika kita kumpul dan jalan tour beramai ramai naik kendaraan umum sempat lah kami berapa kali ke bablas an maka hari ini karena saya sudah berapa kali ke fox town jadi saya bersedia menjadi alarm dan guide mereka lol.

architecture building commerce escalator
Saat ini wajib masker di kanton Tecino
Photo by Pexels.com

Apa sih sebetulnya tujuan kami ke fox town? Fox town adalah sebuah gedung mall yang berposisi di wilayah Tecino nah gedung ini tidak jauh jaraknya dari station Mendrisio, so fox town menyediakan barang dan produk branded fashion, household, etc. yang dapat di beli dengan harga diskon tergantung bulan dan musim tertentu diskon-diskon tersebut bervariasi dan bagi turis luar negeri mendapat tax free.
Diskon aktual yang saya ketahui di mall fox town itu antara 30 – 50% kecuali barang yang tinggal satuan kadang di turunkan menjadi 70% rabat. Perbedaan yang ingin saya informasikan belanja di mall ini beda dengan ketika kita belanja di shop or butik branded di kota kota besar seperti kota Zürich, Bern, luzern, Lugano dll. Karena produk yang di tawarkan disini lain dengan yang ada di toko pada umumnya; yaitu produk stock lama dan tergantung seberapa lama stock itu semakin murah harganya. Namun tetap ada produk baru yang sengaja di produksi untuk di jual dengan kondisi serta kualitas pasaran harga di fox town, so bebas bebas saja konsumen mau pilih yang mana!

Anda masih punya sisa waktu jalan-jalan ke Swiss? silakan baca juga. Locarno City, Landes Museum ZH, Appenzelle – Switzerland, Nature Reserve – Vallorbe, Switzerland

Photo by Pexels.com

Cuma jangan salah ya.. produk yang saya lihat mis: di kota Zürich keren dan menarik tapi harga tinggi jadi saya menunggu beberapa bulan dengan harap nanti harga akan turun di fox town, nah itu susah sekali untuk di lacak walaupun kita berlangganan mereka tidak akan memberi tahu customer produk lama yang tidak laku akan di oper kemana kadang mereka membuka aksi rabat dibutik sendiri sekaligus memperlihatkan koleksi barunya. Balik ke tema fox town, apakah keuntungan jika belanja disini dan apa ruginya, baik saya akan jelaskan.

* Sisi rugi:
Jika saya niat belanja saya tidak merasa di rugikan kecuali dari segi waktu PP kereta sekitar sembilan jam, dua setengah jam shopping dan di tambah satu jam istirahat; makan, ngopi, wc, so paling tidak empatbelas jam itu sudah saya perkirakan jika shopping kesini.

* Sisi untung:
1. Cukup lumayan save money jika dibandingkan membeli produk branded yang masih baru di kota saya yang tinggali.

2. Pingin keluar jalan dengan teman dan sekalian lihat lihat produk yang barang kali saja dibutuhkan tapi belum ketemu, mis: saya ke fox town tidak di tujukan untuk belanja tapi karena sudah janjian ingin mengantar teman teman kesana sekalian lunch bareng. Toh ketika mutar keliling ternyata saya melihat jaket winter kualitas bagus dengan model dan bahan material yang sudah saya cari 2 tahun lalu dan yang bikin menawan harga jaket itu drop menjadi 60% saat itu saya tidak perlu lama lama mikir sebab size yang saya pakai tinggal satu lol.

3. Dari Mendrisio kita bisa singgah naik kereta ke Melide jarak 20 menit untuk melihat Swiss miniatur atau kita dapat lanjut ke Lugano dan menikmati suasana danau jernih dan centro old city yang menawan.

Itulah yang saya sebutkan diatas sisi rugi dan untung belanja di fox town – Mendrisio. Sebetulnya fox town ini di tujukan untuk menarik pariwisatawan yang melancong ke negeri Swiss agar mereka dapat membeli oleh oleh brand dengan harga yang terjangkau. Tapi jika kita meniatkan membeli souvernir hasil kerajinan Swiss fox town bukan tempatnya.

Info & Tips.

Fox town terletak di kota Mendrisio dekat perbatasan Itali tapi masih dalam bagian negara Swiss. Fox town magnit shopping bagi turis domestik dan international. Bahasa yang di gunakan Italy, Swiss dialek, Jerman dan English. Mata uang CHF/ Swiss franc, Euro.

Anda sedang melancong ke Switzerland melewati wilayah Lugano sempatkan singgah di fox town Mendrisio shopping disini dapat Tax free.

Tinggalkan Balasan