Beradaptasi Di Negara Dingin

Beradaptasi Di Negara Dingin

Dahulu saya sedikit naif dan meremehkan ketika seorang teman mengatakan betapa menyakitkan dan kejam cuaca dingin itu jika kita tidak terbiasa, saya kira untuk beradatasi di iklim dingin hanya perlu pakaian hangat saja dan tidak paham jika tubuh juga membutuhkan dorongan kick lain seperti makanan sehat, dan minuman hangat seperti teh, air jahe dan rempah-rempah kemudian kick lain yang dibutuhkan adalah aktivitas yang dapat menjaga stamina stabil dan imunisasi tetap kuat agar suhu badan selalu hangat serta tidak mudah sakit, tubuh lemah juga riskan akan virus yang pada musim dingin sering menanjak naik dan mengakibatkan orang sakit dadakan terutama di awal Desember cuaca dingin akan lebih terasa sampai akhir April.


Minggu lalu saya ke dentist untuk kontrol sambil antre giliran iseng saya membaca majalah kesehatan yang tersusun di ruang tunggu, ada sekitar dua puluh menit saya menunggu tapi asisten dokter tak kunjung memanggil nama saya tapi tak mengapa saya tidak terburu-buru dan kembali fokus membaca tentang wawancara dari seorang Dr. bernama E. Hohenauer beliau specialist coldtherapie di Switzerland, yang kebetulan judul interview tersebut cukup membuat saya penasaran dan membacanya. “Apakah Anda menggigil.”

Penjelasan dan teori yang di paparkan sangat menarik bagi saya berikut informasinya yang bisa saya kutip.

Reaksi tubuh di saat menghadapi suhu dingin

1. Mengigil itu menular.
Meski kita sudah memakai astribut musim dingin komplit tetap saja ketika kita melihat orang di sebelah kita mengigil atomatis kita akan merasakan hal yang sama.

2. Suhu di bawah -20 derajad
Pernapasan kita akan membuat suara ringkikan.

3. Wanita lebih cepat menggigil sebab kulit wanita lebih dingin 3 derajad dibanding kulit laki-laki. Selain itu kulit wanita lebih tipis dan fostur volume feminim serta lebih kecil jika dibandikan lawan jenis.

4. Tubuh mengigil
Ketika tubuh menyerap dingin maka tubuh akan mengigil untuk memproduksi hawa hangat.

5. Efek cuaca dingin bagi orang sakit.
Cuaca dingin berefek beban ketika tubuh melakukan perputaran sirkulasi berbeda dengan sirkulasi di saat suhu hangat. Oleh karena itu orang sakit serius dan penderita riskan jantung di anjurkan mengurangi aktivitas dan kerja berat di cuaca dingin,

Namun begitu menurut dokter tubuh juga dapat belajar menghadapi ekrim dingin jika sudah terlatih dan hal ini terbukti oleh beberapa hobi renang di musim salju yang selalu mengikuti perlombaan setiap tahunnya di Europa mereka dapat bertahan renang maraton seratus meter di air danau ekrim dingin tampa ada kesulitan penyesakan napas atau orang lain yang melatih dirinya dengan cara kur-training berendam air beku di alam bebas mereka bilang dengan cara itu membuat tubuh mereka fit dan kebal.

Tentu dengan methode cara ini tidak sembarangan orang dapat melakukan perlu di siplin yang baik dan paham pengaturan pernapasan jika tidak, tentu berakibat fatal dan kematian.

Tips lain yang diberikan oleh Dr. E. Hohenauer, apabila di luar cuaca beku dan kita enggan keluar rumah untuk melakukan gerakan workout seperti:
1. Gerakan Sumo Squat
2. Gerakan Planks
3. Gerakan Lunge

Sedangkan disisi lain kita juga pernah dengar kalau suhu dingin mempunyai efek penyembuhan.

1. Air es / es batu dapat meringankan sakit kepala / migrane dan pusing akibat kepanasan. Ambil sebungkah es dan bungkus dengan kain serbet kemudian letakkan beberapa saat di bagian yang pusing atau sakit dengan sekali kali diangkat untuk menghindari lecet akibat terlalu dingin.

2. Air es dapat mencegah pembengkakan di kulit yang cedera lecet atau iritasi kecil. kegigit serangga atau ketika jari kesundut api / atau pegang panci panas, umpama.
Segera masukan tangan yang perih ke dalam air es untuk beberapa saat dan jika perlu setelah itu olesi krim obat antiseptik dari apotik atau minyak kelapa murni.

3. Suhu dingin sering di gunakan oleh pihak medis di dalam ruangan op / bedah.

4. Suhu dingin dapat membuat tidur pulas
Suhu udara dingin alami di alam bebas atau suhu temperatus Ac kurang lebih 18 derajad sampai 21 derajad dapat membantu orang yang susah tidur untuk tidur pulas.

Dari informasi itu ada empat sampai lima kebiasaan yang sudah saya terapkan selama beberapa tahun di musim dingin dan saya rasa itu cukup membantu saya dalam beradaptasi dan tetap fit. Dan ada berita bahwa katanya di iklim dingin membuat orang hidup lebih lama. Sekian ringkasan yang saya ambil dari majalah kesehatan itu semoga bermanfaat dan jika ada kekurangan harap di maklumi.

Tinggalkan Balasan