Edinburgh Skotlandia

Edinburgh Skotlandia

Persiapan travel ke negara Skotlandia sudah tersusun di agenda, koper sudah masuk check in satu hari sebelum terbang. Esoknya pagi naik kereta menuju bandara dengan penerbangan British airways paling awal menuju Skotlandia dan transit di London city airport. Tiba di bandara kita harus ngejar waktu penerbangan berikut dengan tujuan ibu kota Edinburgh.

Tiba di London city airport kita masih punya waktu -/+ empat puluh menit sambil terburu buru mencari gate pesawat yang menuju Edinburgh untung saja tidak ketinggalan dengan sedikit lelah dan bersyukur kita duduk di bangku pesawat dan mencoba untuk tidur sejenak sebab nanti dari bandara harus naik kereta menuju old town kota tujuan.

new town edinburgh

Satu jam perjalanan tiba di Edinburgh dan airportnya cukup kecil di banding bandara international lain. Pengambilan bagasi juga berdekatan dari lokasi arrival setelah dua puluh menit menunggu koper koper itu tidak ada yang kelihatan sampai passagier satu persatu menghilang meninggalkan bandara, tinggal kita yang masih celingukan mencari koper. Tampa menunda waktu saya mendatangi sebuah kantor pengaduan lost & found yang letaknya ada di samping tempat pengambilan bagasi dan kita melaporkan koper yang hilang.

Secara profesional dan ramah wanita petugas airport tersebut menanggapi laporan kita dan berjanji akan mengirimkan ke hotel tempat kita nginap jika koper di temukan tegasnya. Mereka berpendapat koper koper itu masih ada di London city dan tidak keburu masuk pesawat pagi tadi. Mereka menyatakan maaf dengan kejadian itu dan memberikan kita bungkusan neccesary berisi tshirt dan perlengkapan mandi.

the city of edinburgh council old town

Hilang kekhawatiran dengan rasa lega kita meninggalkan airport menuju stasiun kereta dan membeli tiket di loket mesin automat yang berjejer di depan stasiun. Meskipun airport ini tidak begitu luas namun penjaga keamanan ada di mana mana dan sikap petugas dan kepolisian sangat ramah ketika saya menanyakan bagaimana cara membeli tiket dan arah tujuan kereta. Suasana keliling menyenangkan dan seperti tidak asing lagi untuk kita padahal baru pertama kali kesini. Harga tiket tram menuju old town tidak mahal tram nya bersih dan nyaman. kita memilih tempat nginap sengaja di area yang central agar berkeliling mudah di tempuh jalan kaki. Ketika keluar dari kereta bawah tanah dari situ kita berjalan sekitar sepuluh menit ke arah hotel. Kali ini kita memilih hotel group katagori bintang tiga lebih hemat karena masih ada beberapa kota yang akan disinggahi. Setelah check in dan mendapatkan kunci kamar bersyukur kondisi hotel tidak bikin kecewa dalam lingkungan hotel terawat dan tersedia bathroom, towels dan bedspreads bersih.
BACA JUGA Kediaman Villa Charlie Chaplin

Sambil menunggu koper tiba kita pergi mengunjungi royal botanik garden dan royal national museum of Scotland yang indah di Edinburgh. Tiga jam berlalu kita memutuskan dinner lebih awal saat berjalan kita melihat pizzaria kecil yang penuh dengan pengunjung, penasaran pingin juga nih cicipi pizzanya.
Suasana padat di dalam membuat kita jadi cepat kepanasan saya segera melepas jaket winter sambil menunggu tempat duduk. Sepuluh menit kemudian setelah di persilakan duduk saya order cola dan pizza rasa house recipe. Service cepat dan memang benar pizzanya enak sekali dan harga murah. Ketika menu yang kita pesan habis terlahap dengan kesadaran diri langsung bayar dan pergi, padahal masih ingin order teh hijau tapi melihat tamu sama anak dan bayi yang nunggu tempat duduk jadi batal order. Balik dari pizzaria jam delapan kurang dan koper koper kita sudah ada di kamar, wahh.. hebat sekali service airport Edinburgh dan saya sangat senang ada baju bersih untuk tour esok hari.

Beberapa photo food restauran:

Note.

* Shop dan penjual barang souvernir harga fix price. Toko toko yang menarik dari warga lokal harga agak sedikit beda tapi kualitas terjamin.

* Di lokasi souvernir perlu juga untuk memantau harga, sebab dengan barang yang sama sempat saya bayar harga dua kali lipat di bandingkan toko lain.

Tinggalkan Balasan