Membuat Roti Sandwich

Membuat Roti Sandwich

Membuat roti sandwich paling gampang ini lah resepnya. Caranya tidak ribet dan tidak memakan banyak waktu dan juga roti buatan sendiri bisa awet 3-4 hari dan tetap lembut. Silakan di coba, agar hasilnya sesuai dengan yang pernah saya buat gunakan bahan yang sudah di tulis.

coretan_gadoGado.kebab
homemade kebab sandwich

Bahan:

11g dry yeast
250-270 ml air
700 terigu
1 S/m gula
10 s/m susu cair
1 telur
Sedikit garam
30ml minyak Olive

Masukan terigu ke dalam bowl besar dan buat cekungan di tengahnya, lalu tuang 50ml air hangat di tengah terigu, ragi dan gula lalu diamkan 15 menit sampai ragi kelihatan mengembang.

Langka berikut kocok telur dan masukan ke dalam bowl serta semua sisa bahan yang sudah di siapkan tadi, kecuali air sisa kan 20ml (babak berikut kalau kurang dapat di pakai) aduk rata dengan tangan dan uleni di atas meja kayu atau meja keramik di dapur.

Pelan namun teratur seperti layaknya kita menyuci sapu-tangan uleni terus kurang lebih sepuluh menit sampai adonan tepung menjadi kalis dan tidak menempel di tangan atau di alas. Jika serasa kering di tangan tambah sedikit sisa air dan sebaliknya jika masih lengket di tangan beri sedikit terigu dan uleni kembali 1-2 menit sampai kalis dan bereaksi seperti balon jika di tekan oleh jari. Masukan kembali ke dalm bowl tutup dengan plastikfolie. Diamkan 50-60 menit di temperatur kamar.

Setelah berkembang bagi dua bagian membuat roti bundar dengan ukuran @ 25cm untuk empat potong sandwich.

Letakan di atas loyang dan alas kertas roti diamkan 15 menit. Atas olesi dengan susu cair dan taburkan butiran biji wijen atau butiran jinten. Saya pakai butiran jinten. Lalu panggang ke dalam open yang sudah panas.

Note:
1.Olive oil dapat ganti vegetable oil or margarin.

2.Gambar atas sampel roti yang sudah saya coba selain dapat di makan untuk sandwich bekal anak sekolah roti ini pun dapat di sajikan dengan rasa manis coklat, selei dan irisan daging asap, keju juga peneman makan sup dan daging kebab.

2.Saya pakai suhu open atas bawah 180° celsius selama 20-24 menit.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s