Madeira & Funchal

Madeira & Funchal

Rencana tadinya saya ingin memberi info sahabat pembaca tentang resto dan menu lokal di setiap tempat yang pernah saya kunjungi.. namun belum banyak photo yang saya upload.. khawatir kurang cocok. Tapi kalau selalu banyak khawatir apa kata orang aja kapan saya bisa menulis dan berbagi info ya lol.

Karena saya suka mencicipi berbagai masakan oleh sebab itu saya sempatkan kadang kala untuk mengunjungi suatu lokal di tempat libur dan tidak hanya order makan dari hotel.. pamali menurut uwa, mumpung ada di negeri orang singgahi juga warung dan cicipi masakan lokal so kamu jadi tahu perbedaan dan ciri selera masyarakat setempat atau kalau kantong lagi bokek paling nihil kamu sudah mencoba… Ah uwa bisa aja deh nasehatnya.

Nah jujur aja ketika saya menginjak pulau Madeira ini.. dari airport  menuju kota entah kenapa saya langsung jatuh cinta dengan kotanya. Waktu itu bulan agustus cuaca masih hangat angin laut tidak begitu kencang dan udara kotor polusi tak tercium sedikit pun. Namanya berlibur bukan saja mencari tempat tenang pasti kita juga senang mengunjungi tempat dan resto yang banyak di visit turis pada umumnya tetapi dengan distanz tidak terlalu jauh dari tempat kami berteduh. 

Sekilas di bawah ini kunjungan saya kedua kali nya ke negara Portugal.. kali ini kami memilih area pesisir pantai di Madeira dan kota Funchal. Suasana di kota sangat ramai bersih dan ramah dan makanan lokal cocok sekali rasanya untuk orang Asia yang menyukai seefood. Menu yang di sajikan berasal dari hasil pancing hari itu yang di dapat dari nelayan setempat urai dari beberapa orang di resto lokal yang kami pernah kunjungi.

Bahasa Portugis ada kemiripan dengan bahasa Spanyol.. dan mungkin ada sedikit pakai bahasa dialek yang saya juga tidak paham.. pernah saya belajar dari teman Portugis tapi yang masih di ingat hanya berapa kata :
abrigada – terima kasih, Bom dia – selamat pagi, denada – sama sama, por favor – tolong.

Madeira keseluruhannya di dominasi oleh perbukitan dan gunung tapi tiada sedikit gedung dan apartemen tinggi di bangun sekitar Funchal. Jarang sekali terlihat rumah rumah di sana mungkin penduduk tinggal di apartemen atau rumah mereka jauh di luar kota.
Ketika saya mengelilingi suatu taman tidak jauh dar harbour saya lihat ada monumen legenda wanita cantik yang bikin saya tanda tanya kenapa ada monumen ratu cantik itu. Kecantikan dan ketegaran wanita legenda ini cukup di kenal lewat film jadul, mungkin pembaca masih ingat yaitu seorang ratu bernama Elizabeth dari Austria-Ungarn dan lebih di kenal dengan panggilan Sissi. Rupanya monumen itu sebagai simbol kehormatan di saat Sissi mengunjungi Madeira.

Dan pembaca pasti ada yang kenal dengan pemain bola ganteng dan masih terkenal saat ini kan?  Ya.. Cristiano Ronaldo lahir di kota ini dan mungkin juga masih ada rumah di sini sebab tidak jauh dari harbour ada museum koleksi bola dari hasil kerja kerasnya.
Boleh juga lah datang ke museum dan beli suvernir kaos bola lol. Yang katanya uang yang di dapat dari museum di sumbangkan kepada orang Asyl dan anak anak tidak mampu bravo.. C. Ronaldo. Untung saya beli kaos nya.. ampe sekarang masih awet.

Note.

Hotel dan penginapan bersih dan nyaman. Makanan selain di restauran dan take way juga banyak yang enak. Harga relatif, warga ramah tamah dan apa bila beli-order makan atau lainnya mereka akan senang jika kita menggunakan kata polite-way seperti : for favor – tolong, obrigado (maskulin) – terima kasih.

So pembaca sudah malam nih, semoga informasi ini ada yang bisa kepakai.
Boa noite…

 

Tinggalkan Balasan