Tom Yum Goong

Tom Yum Goong

Resep masakan favorit suka bikin rindu suasana pantai dan peneman makan yang greget ini.. nikmat sekali untuk di coba.

tomyg-coretangadogado-2
tom yum goong seafood

Tom Yum Goong adalah nama sebuah masakan datang dari dapur Thailand yang menurut saya mirip sayur asam. Pernah saya menanyakan resep khas Thailand.. rata rata mereka berusaha menjelaskan bahwa masakan Thai susah susah gampang.. singkatnya mereka maksudkan adalah masakan Thai itu beragan dan tergantung dari mana asal masakan itu di ambil umpama: Thai utara, timur laut dan Thai selatan dst.
Jadi banyak pengaruh juga ya, resep dari wilayah tetangga seperti Laos, Nyanmar dan Burma mempengaruhi dan membuat nama Thailand jadi lebih di kenal melalui perantara masakan.

Maka saya coba menjelaskan tiga di antara sahabat Thailand ini,  menu Thai di restaurant A. waktu itu saya order pepaya salat dan sangat enak lalu saya bertanya apakah mereka tahu resepnya. Teman saya yang lebih kecil memang sangat centes dan cuek.. dari pisik dan cara bicara kelihatan kalau ia memang seseorang pejuang gigih dan bertanggung jawab demi keluarganya, beda dengan sebagian sahabat yang lebih menjuruh ke modernisasi dan life style.

Tanggapan yang di berikan dari kedua sahabat ramah tapi bukan yang saya maksud. Jawaban mereka simple.. next time akan dibuatkan pepaya salat agar kita coba. Saya berterima kasih tapi saya meralat dan mengatakan ingin melihat cara mereka masak.
So sahabat saya yang mungil dan centes ini bersedia mengajak saya dan teman untuk berkunjung makan siang dan melihatnya masak. Dengan antusias saya menerima tawaran baik itu dan senang segera mencatat Tgl. a cooking-date.

Tidak di sangka teman yang kelihatan cuek penampilan ternyata rumahnya rapih tertata dekor simple menarik dan Chic. kemudian sahabat mungil ini mengiring kami ke ruang dapur mungil yang juga rapih dan menjelaskan sedikit cerita asal dan kronologi tentang pepaya salat (Som Tam Thai).  Pepaya salat menurutnya terbagi dalam tiga citra rasa dari beda wilayah.
1. Satu rasa sangat pedas dan di makan pakai nasi ketan dan daging.
2. kedua datang dari kultur pesisir pantai di mana papaya salat disajikan dengan kepiting kecil hidup yang di tumbuk direk diatas bumbu yang sudah diracik dan rasa kecut dan sangat pedas serta bau amis menurut saya.
3. ketiga adalah pepaya salat yang menurutnya sudah saya makan dari restouran A. resep yang di gunakan sudah di kombinasi-kan dengan selera turis di Bangkok jadi resep yang saya tanyakan itu berasal dari central Thailand. Pada prinsip cara buat sama tapi bahan dan taste berbeda.

Saya simpulkan masakan Thailand tidak lain ada kemiripan dengan masakan Indonesia yang sudah kebanyakan di modifikasi-kan dengan resep resep nenek moyang dan pendatang pendatang sebelumnya di negara kita. Tidak heran jika masakan Thai dan Indonesia banyak di kenal di kalangan Asia tenggara, Amerika dan Eropah. Bahkan beberapa tahun belakang saya tengok di kabel Tv dan Youtube telah berdatangan Best Koch dan Meister Chef ke Bali dan Jakarta untuk kolaborasi dengan Best Cook & Master Chef di Indonesia. Congrats and happy to hear that.

Lha’ kenapa judul Tom Yum Goong.. ko saya jadi membelok cerita pepaya salat?
“ha ha ha..” sengaja agak nge-lantur dikit barang kali ada yang ingin bikin resep ini silakan di-klick. Pepaya salat Som Tam Thai

Kembali kepada resep Tom Yum Goong masakan favorit suka bikin rindu suasana pantai dan peneman makan yang greget ini.. nikmat sekali untuk di coba.

Tom Yum Goong

Resep 4-5 Person
Bahan sayuran yang saya pakai sesuai kondisi.

1 brocoli
100g mushrooms/champignon
1 labu siam
2 jeruk nipis
1 s/m cuka
500g seefood

2L air masak

Bumbu:

2 pc tomat, 6 batang sereh, 10 b. putih, 5 b. merah, 10 lbr d. jeruk, 6 cm langkuas, 1 s/m bubuk cabai, 8 pc cabai rawit, sedikit gula, garam secukupnya, 1 s/m kecap ikan, sedikit b. goreng dan daun koriander secukupnya.

Cara:
1. Cuci bersih seefood lalu tiriskan. Sayuran cuci bersih, siangi dan potong sesuai selera tapi jangan terlalu tebal agar durasi masak berbarengan matang.

2. Bahan bumbu kasar semua cuci bersih, 4pc sereh di potong-dua lalu di geprek, sisa di potong serong bagian putihnya saja dan sisihkan. Bawang putih di giling kasar bersama kulit dan sedikit langkuas sedang 5pc daun jeruk di remas kasar, sisa sisihkan. Dan cabai rawit di giling halus, bawang merah di iris bulat tipis, tomat di iris dadu.

3. kemudian masak air dengan api panas, setela air mendidih masukan bumbu seperti: bubuk cabei halus, 4pc sereh geprek, 5pc d. jeruk remas, b.putih dan langkuas uleg. Masak kurang lebih 15 menit dengan api sedang biarkan air mendidih dan setelah air agak surut dan aroma tercium aroma bumbu kemudian masukan gula dan garam.

4. Keluarkan bumbu kasar dan buang lalu di ganti masukan sisa-sisa bumbu fresh yang ada seperti: sisa sereh, d. jeruk, langkuas, c.rawit uleg, irisan tomat dan b. merah iris. masak kembali selama 5-7 menit dengan api sedang sampai air soup berubah warna cantik dan tambah wangi.

5. kemudia masukan seefood, labu siam dan mushrooms dan peresan jeruk nipis, cuka dan kecap ikan, masak kembali lima menit gunakan api kecil sampai  mendidih. Cicipi bumbu dan tambahkan yang kurang. Terakhir setelah di perkirakan semua bahan cukup empuk masukan brokoli, sesudah matang matikan api dan terakhir tuangkan potongan d. koriander.

Tom yum Goong siap di sajikan..

Note.

Pertama kali saya mencoba resep ini kurang begitu puas karena rasa mirip dengan sayur asam. Setelah saya pelajari dari sahabat dan informasi buku masakan ternyata pemasukan bumbu ketika masak cukup mempengaruhi rasa khas soup tsb.

Soup Tom Yum Goong di nikmati dengan nasi segar dan sambal namun saya kombinasi kan untuk keluarga dengan roti kepang atau roti tawar.

Satu pemikiran pada “Tom Yum Goong

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s