Rhubarb

Rhubarb Vegetable

Jenis panganan rhubarb ini sering saya temui di toko toko sebagai pencuci mulut / cakes dan jam yang di kemas dalam botol kecil. Sayuran ini semarak di temukan di pasar traditional dan supermarket saat musim semi-panas aja. Pertumbuhan sayuran ini sepertinya tidak sulit dan bahkan dapat tumbuh secara liar. Tapi saya sendiri sampai saat ini hanya membeli dari swalayan dan di kasih oleh ipar saya yang senang berkebun.

Saya kurang begitu ingat apakah di pulau Jawa, Bali atau di pulau lain di Indonesia dapat menemukan sayuran unik ini. Vegetable ini saya anggap unik karena bentuknya seperti pohon liar mirip pohon talas atau daun sawi lebar dengan batang panjang yang berwarna cantik merah ke lila an serta berdaun hijau lebar.

Contoh lihat photo.

rhubarb vegetable-healthy

Bagaimana rasanya sayuran rhubarb?

Rasa rhubarb mentah seperti mengigit batang talas, hanya batang rhubarb tidak bikin gatal melainkan ada rasa asem kecut seperti buah yang masih mentah. Selama mengenal sayuran ini saya belum ada melihat atau mendengar seseorang makan sayuran ini secara mentah.

Menurut ibu mertua yang dapat di komsumsi hanya batangnya saja, sedang daunnya di buang. Karena mengandung zat asam yang berlebihan dan tidak sehat jika di makan begitu saja.

Cara:

Sebelum di kelolah menjadi dessert atau jam, sayuran unik ini harus di kupas dan di buang kulitnya di potong dari ujung batang perlahan di tarik ke atas arah daun, maka akan terkelupas serat yang alot di bagian kulit. Tujuan agar ketika di masak cepat matang dan mudah di kunyah.

Citra rasa rhubarb cake macam macam tergantung resep yang di pakai. Dan dalam cake basah biasanya rasa rhubarb nya sangat fresh dan manis setelah di beri gula, mirip stawberry hanya aroma berbeda.

Resep rhubarb yang bikin baper: Rhubarb Cake

Potong potong menurut selera sesuaikan dengan jenis resep yang di butuhkan.

rhubarb vegetable
Setelah di cuci bersih potong sesuai kebutuhan. Satu buah rhubarb cake pakai 400g (+/_ 4 batang). Tergantung besar kecilnya rhubarb.

 

Note:

a. Saya dan keluarga menyukai sayuran ini, selain di kelolah untuk kue kadang saya buat jam untuk breakfast. Puji Tuhan sampai saat ini tidak bermasalah.

b. Dengan alasan kadar asam yang tinggi dapat membuat eneg/mual maka rhubarb vegetable tidak di saran kan terlalu banyak di komsumsi dalam sekali makan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s