Tea Favorite

Tea favorite save my soul & body.

Di masa remaja teh sudah saya kenal, entah apakah sudah menjadi kebiasaan umum teh di Indonesia di sajikan sering di beri gula alias teh manis. Sedangkan teh yang tidak di beri gula rasanya pahit dan kadang membuat saya mual, maka saya jarang minum teh dan lebih suka air putih dan sirup.

pexels-photo-302810.jpeg
tea save my soul & body

Nah makin gede makin dewasa jadi agak mengerti sedikit tentang teh. Apa lagi suka mengunjungi stand dan pameran teh, serasa ingin di borong semua, ha ha ha.. bukan karena lagi dapat THR ya. Tapi karena kemasan bagus bagus dan aroma teh nya wangi, entah ada beberapa macam teh dedaunan dan teh rasa buah. Setelah coba sana sini akhirnya ketemu juga teh favorit yang selalu menjaga kebugaran jiwa raga.

Setelah memiliki ke-empat teh favorit ini banyak menemani hari hari kami, tergantung mood dan kebutuhan. Saya tidak membiasakan minum obat jika sakit kepala / migrane. Mint teh panas atau teh jahe akan segera membantu menghilangkan sakit kepala saya. Dan hal ini pun saya biasakan untuk suami yang dahulu lebih sering di serang sakit kepala secara tiba tiba. Namun sejak beberapa tahun terakhir setelah teratur (menurut kebutuhan) minum teh mint, ginger dan hijau, puji Tuhan katanya jarang sakit kepala.

Empat macam teh favorit dan manfaat nya.

favorite tea save my soul & body
manfaat ginger tea

Aroma jahe (raja obat, nomor kedua dari ginseng) ini punya wangi yang khas dan tidak menyolok. Dan seperti kita ketahui banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Terutama di musim dingin atau hujan teh jahe sangat mendukung stamina tubuh kami dalam menjalankan aktifitas sehari hari.

Penyajian:
Seduh air panas ke cangkir dan masukan jahe tua sebesar 5 cm yang sudah di iris tipis, diamkan -/+ 4 menit dan tutup cangkir agar tidak cepat dingin. Usai 4 menit masukan setengah s/t madu, aduk aduk segera minum perlahan sampai habis.

khasiat dari pengalaman kami:
Dapat menghilangkan sakit kepala, meningkatkan imunisasi, menghindari influenza, meringankan panas dingin dan menghilangkan kembung perut. Teh jahe dapat di nikmati 3 – 4 cangkir sehari tidak bermasalah.

favorite tea save my soul & body
manfaat mint tea

Aroma daun mint harum mirip aroma adas manis namun wangi mint lebih ringan. Ketika sudah menjadi teh warnanya bening kecoklatan dan rasa netral / tidak pahit.

Penyajian:
Seduh air panas ke cangkir dan masukan beberapa pucuk daun mint segar yang sudah di cuci bersih, diamkan -/+ 4 menit dan tutup cangkir agar tidak cepat dingin. Usai 4 menit aduk aduk segera minum perlahan sampai habis.

khasiat dari pengalaman kami:
Dapat menghilangkan sakit kepala, menyegarkan pikiran, menghilangkan rasa mual, menyegarkan tubuh setelah muntah (mabuk darat /udara), menghilangkan perut kembung dan kram perut akibat lama duduk / masuk angin. Teh ini dapat di minum 3 – 5 cangkir dalam sehari tidak bermasalah.

Tips.
Penyajian teh mint celup / bubuk di seduh air panas dan diamkan 2 menit. Jika terlalu lama warna akan menjadi gelap dan rasa lebih intensif.

favorite tea save my soul & body
manfaat green tea

Aroma yang saya sukai dari daun teh hijau murni wangi daun yang khas dan ketika di seduh air panas akan berwarna hijau bening serta rasa yang ringan dan menyegarkan saat di minum.

Ada jenis teh hijau yang lebih kuat rasanya dan warna tendenz kecoklatan mirip teh jasmine. Entah apakah karena campuran / beda proses pabrik. Menurut saya teh hijau warna hijau bening lebih nikmat.

Penyajian:
Seduh air panas ke cangkir dan masukan setengah s/t teh hijau kering, diamkan -/+ 3 menit dan tutup cangkir agar tidak cepat dingin. Usai 3 menit aduk aduk, buang ampas dan segera minum perlahan sampai habis.

Khasiat dari pengalaman kami:
Dapat menghilangkan sakit kepala, menyegarkan badan, menghilangkan rasa mual. Teh hijau dapat di minum 3 cangkir dalam sehari tidak bermasalah. Info terakhir yang saya dengar menurut seorang dokter umum,  minum green tea yang berlebihan berakibat kurangnya reserve zat besi dalam tubuh yang akan ikut terbuang di saat pipis.

Tips.
Penyajian teh hijau celup / bubuk di seduh air panas dan diamkan 2 menit. Rasa lebih segar dan tidak pahit.

favorite tea save my soul & body
manfaat camomile tea

Aroma bunga camomile harum mirip gabungan kayu manis dan madu. Ketika sudah menjadi teh warnanya kuning muda dan rasa netral / tidak pahit.

Penyajian:
Seduh air panas ke cangkir dan masukan beberapa pucuk bunga camomile kering yang dapat di beli di toko, diamkan -/+ 4 menit dan tutup cangkir agar tidak cepat dingin. Usai 4 menit aduk aduk lalu angkat ampas, beri setengah s/t madu segera minum perlahan sampai habis.

khasiat dari pengalaman saya:
Dapat menenangkan perut dari deare, mengurangi sakit & kram menstruasi, menghilangkan rasa kembung akibat menstruasi, menghilangkan sakit pada gusi dan gatal tenggorokan.

Ketika sakit diare (akibat higienis makanan jajan / susu basi) saya menghindari obat anti diare seperti imodium, etc. Teh camomile dapat di minum 3 – 4 cangkir dalam sehari tidak bermasalah.

Note.
Informasi yang saya berikan di atas berasal dari experiment sendiri dan bukan dari hasil riset labor. Dan info ini hanya untuk penyakit atau gejala yang rutin kita hadapi sehari hari. Untuk pengidap penyakit akut saya sarankan hubungi dokter specialist Anda.

Apakah minuman panas sehat ?  Hot drink Sehat

Iklan

Tinggalkan Balasan