Durian raja buah

 

Perkembangan durian raja buah di negara Eropah.

Ada orang bilang durian itu rajanya buah, punya ciri khusus baik bentuk, kulit, citra rasa dan harga. Konnen katanya buah duren adalah buah yang menandakan status makmur seseorang. Namun berjalannya waktu durian sudah dapat di nikmati oleh setiap kalangan dan menjadi buah yang di cintai rakyat disaat panen tiba.

Selang beberapa puluh tahun kemudian pertumbuhan durian di Indonesia sudah mulai berkurang entah apa yang menjadi penyebab dan banyak konsumen fokus mencari durian import misalnya dari negara Malaysia dan Thailand yang mudah di dapat di supermarket dengan harga yang cukup berbeda dari durian lokal. Bagi saya durian tetap durian dari mana pun asalnya jika buah durian itu di petik saat ranum atau panen tiba maka buah itu akan serasa lebih lezat. Sayangnya (agar tidak cepat busuk) buah buah yang masuk market sudah di petik sebelum benar matang.

Yang menarik saya perhatikan adalah buah durian walaupun telah memasuki negara barat dan Eropah untuk konsumen Asia yang tinggal di luar negeri. Akan tetapi masih belum welcoming bagi penduduk lokalnya dan masih banyak yang menganggap buah ini buah yang tabu di konsumsi. Isi buah yang aneh dan bau yang menyengat dan dapat membuat pusing (menurut warga). Walaupun banyak yang memberi komentar kurang positif tentang kehadiran raja buah ini, bersyukur sekali pecinta durian masih bisa membeli buahnya di toko toko Asia yang terdapat di negara residence nya.

 

Durian Import
Isi durian import

Surprise.., bulan lalu ketika sedang membolak-balik majalah masakan, durian menjadi salah satu thema di cook magazine milik supermarket terbesar Switzerland. Dengan sedikit heran tapi juga senang, toh akhirnya ada pula yang mencoba mencari tahu kenapa durian (sebagian besar) sangat di sukai orang Asia. Majalah tersebut menjelaskan di dalam buah durian terkandung banyak vitamin, mineral dan serat bagus untuk pencernaan. Buah durian memiliki 46 ribu DNA yaitu (2x lebih banyak dari Gen manusia). Dan ada yang berpendapat aroma durian campuran antara almond, aprikot dan strowbery…. 😋

Sedangkan kadar gula yang tinggi / kalori tidak di jelaskan. So bagi penggemar durian walaupun begitu harap tetap kontrol dalam konsumsi buah durian terutama yang mengidap kolesterol dan darah tinggi.

Sampai sekian tahun raja buah sudah di kenal dimana mana, tapi kehadirannya baru bisa di temui di Asia Store. Sangat menarik bukan, raja buah ini bukan hanya unik dan punya aroma yang khas  serta kaya vitamin. Harga buah ini pun cukup bikin geleng kepala, sekitar €12 /kg kira kira hampir sama per kilo dengan harga buah anggur import yang ada di swalayan di Jakarta / Indonesia.

Nah daripada jauh jauh import buah durian dari negeri tetangga kenapa tidak di tingkatkan kualitas durian lokalnya.

 

Tinggalkan Balasan